Rabu, 23 November 2011

Rencana wirausaha


Selama kuliah ini saya sedang menjalankan wirausaha meskipun belum bisa dikatakan mampu memenuhi semua kebutuhan saya tapi paling tidak hasil yang saya dapatkan bisa membantu meringankan orang tua saya dalam hal pemebelian kebutuhan saya sehari-hari seperti bensin dan uang saku tambahan. Rencana jangka pendek saya adalah lulus kuliah tepat waktu dan mampu meraih nilai IPK 3,5 keatas agar kesempatan meraih beasiswa lebih mudah dan setelah keluluasan saya nanti Insya Allah saya akan berusaha mendapatkan beasiswa s2 dan itulah plan A namun jika waktunya belum tepat maka saya akan bekerja dahulu disebuah instansi mengumpulkan modal untuk membuka sebuah usaha yang nantinya bisa menambah penghasilan saya. Usaha yang akan saya tekuni adalah usaha budi daya lele sangkuriang. Karena dana untuk memulai usaha ini sangatlah terjangkau dan usaha ini dibilang sangatlah menjanjikan karena banyaknya warung makan lele dijogjakarta ini sangatlah banyaka sehingga bahan mentahpun sangatlah diperlukan dalam pemenuhan kebutuhan pasar. Budidaya lele yang akan saya mulai adalah budidaya pembesaran bibit lele dari ukuran 3-4 cm ke 5-7 cm karena melihat ketahanan lele pada ukuran tersebut sangatlah bisa diandalkan apalagi terhadap cuaca yang tak menentu. Harga beli lele 3-4 cm per ekornya adalah Rp. 75 dan akan dijual lagi Rp. 200 per ekornya pada level 5-7 cm. dengan modal Rp. 800.000 akan didapat 6000 ekor dengan pembelian sebesar Rp. 450.000 dan sisanya sebesar Rp. 350.000 dan untuk Rp. 150.000 akan dialokasikan pada pembuatan tempat sementara dan umtuk sisanya sebesar Rp. 200.000 untuk pangan. Jika pengembang biakan ini berhasil maka akan didapatkan keuntungan sebesar 200 x 5000 adalah Rp. 1.000.000,00 mendapatkan laba sebesar Rp. 200.000 pada awalnya untuk pengembangan kolam berikutnya. Bukan hanya itu rencana inipun akan tetap saya lakukan ketika saya sudah mempunyai modal yang cukup tanpa bantuan orang tua atau modal saya sendiri dan saat ini saya sedang menabung untuk pelaksanaan rencana tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar